Minggu, 19 Februari 2017

Tips Irit Uang Di Akhir Bulan

   

                Tips Irit Uang Di Akhir Bulan - Kali ini saya akan membahas tentang irit uang di akhir bulan berikut cara irit uang di akhir pekan yaitu :

1 Selalu Buat Daftar Belanja Dan Batasi Pengeluaran    
                
                Saat teman-teman kamu mengajakmu bepergian, batasi pengeluaran. Buat daftar belanja selama sebulan dan kemungkinan barang apa yang akan kamu beli semisal kamu pergi ke tempat nongkrong atau ke pusat perbelanjaan. Dengan demikian kamu nggak akan mengalami over budget.

Kalau kamu nggak membuat daftar belanja maka kemungkinan besar kamu bakal membeli barang di luar yang kamu butuhkan dan menyesalah kemudian. Menulis daftar belanja aja sering keblabasan buat beli barang-barang yang kamu inginkan apalagi kalau nggak menulis.

2 Hati-hati Sama Pengeluaran Kecil

           Jajanan murah, barang diskon sampai biaya parkir bisa menjadi penyebab utama kamu udah bokek di tengah bulan. Harga barang yang murah justru membuatmu jadi nggak segan untuk mengeluarkan uang. Tanpa terasa pengeluaran kecilmu semakin banyak yang nggak terkontrol.

Untuk mencegah pengeluaranmu membengkak karena pengeluaran kecil seperti itu, kamu perlu membuat daftar belanjaan bulanan dan mengurutkannya berdasarkan skala prioritas. Coba kamu ingat-ingat lagi, berapa jajanan, berapa biaya parkir sampai barang diskon yang sudah kamu beli sampai saat ini? Jangan-jangan untuk membeli barang-barang yang kamu anggap murah itu bisa lebih banyak dari pada pendapatanmu per bulan.

3 Sisihkan Uang Di Awal Bukan Di Akhir Bulan

        Sebaiknya kamu langsung mencatat target tabungan untuk satu bulan. Misalnya 25% dari gaji. Setelah itu langsung simpan uang untuk tabungan di rekening khusus dan buat komitmen untuk tak menggunakan uang itu kecuali keadaan darurat.

Namun, pastikan kamu sudah memperhatikan pengeluaran pokok terlebih dahulu. Jangan lupa mencatat uang makan, bayar kos, bayar listrik, dan pengeluaran pokok lainnya sebelum kamu menentukan uang tabungan pada bulan itu. Kalau kamu masih nggak bisa menabung, kamu tetap harus menyisihkan uang di awal bulan untuk keperluan tak terduga pada akhir bulan.

4 Hindari Utang

       Sebaiknya hindari utang dalam bentuk apapun. baik itu dengan menggunakan kartu kredit, meminjam uang ke teman atau jenis-jenis kredit lainnya. Pikirkan kembali niatmu untuk membeli barang secara kredit, kecuali kamu berniat membeli rumah atau kendaraan yang sangat penting untuk kegiatan operasionalmu.

Selain itu, bila kamu memang benar-benar harus berkredit, kamu perlu menyesuaikan cicilan bulananmu dengan besarnya pendapatanmu. Jangan sampai kamu terburu-buru dan memilih pembayaran bulanan yang terlalu besar. Kamu mungkin bisa membelinya di awal, tapi belum tentu kamu bisa membayarnya hingga akhir. Tiba saat harus membayar tagihan kartu kredit di akhir bulan padahal kamu juga lagi nggak punya uang, pusing nggak tuh?

5 Cari Pendapat Tambahan

         Bila kondisi keuanganmu memang sudah benar-benar memprihatinkan, ada baiknya kamu mencoba mencari pendapatan tambahan. Kamu bisa bekerja tambahan atau sambilan pada hari Sabtu dan Minggu. Walaupun mungkin hasilnya tak banyak, kamu bisa mendapat tambahan uang yang kamu butuhkan untuk bertahan selama sebulan bahkan saat akhir bulan.

Selain mencari pendapatan tambahan, cobalah untuk melakukan perputaran uang dengan melakukan tindakan produktif lainnya. Misalnya dengan usaha kecil-kecilan yang dibutuhkan orang dan menghasilkan dalam jangka waktu singkat. Misalnya berjualan pulsa. Dengan begini saat akhir bulan uang kamu bisa bertambah.

6 Hemat Pulsa Dan Internet

         Pengeluaran masa kini ini tanpa terasa memang jadi salah satu penyedot uang di dompet. Butuh internatan, beli kuota lagi. Mau smsan, pulsa habis, beli  pulsa lagi. Sebaiknya buat target bahwa selama sebulan kamu nggak menghabiskan lebih dari 1 kali pemakaian. Misalnya untuk pulsa 50 ribu dan paket internet 100 ribu sebulan. Jangan membuatnya menjadi dua kali lipat kalau keuangan kamu sedang kritis.

7 Sisihkan Untuk Investasi

       Kalau misalkan kondisi keuanganmu beneran udah baik, ada baiknya kamu menyisihkan sebagian uangmu untuk investasi. Kamu bisa membeli emas atau bahkan mencoba investasi dalam usaha. Akan tetapi, kamu harus tetap waspada bila kamu memilih menginvestasikan uangmu untuk bisnis. Jangan sampai orang yang kamu percaya mengelola uangmu malah kabur.

 Sekian tips irit uang di akhir bulan Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar