Senin, 27 Februari 2017

Gizi




                            Gizi - Gizi adalah zat-zat sebagai komponen pembagun tubuh manusia dalam rsngka mempertahankan dan memperbaiki jaringan-jaringan agar fungsi tubuh manusia itu sendiri dapat berjalan sebagaimana mestinya Mengabaikan asupan gizi berarti juga kita membiarkan fungsi-fungsi jaringan tubuh tidak bekerja secara maksimal. Sumber gizi banyak ditemui dalam setiap makanan dan minuman yang telah kita konsumsi selama ini.

                   Macam-macam zat yang termasuk dalam gizi adalah :
1 Air
    Merupakan bagian terpenting dari setiap sel tubuh yang dapat ditemukan pada hampir semua bahan makanan baik hewani maupun sayur-sayuran. air merupakan zat yang lebih dominan sebagai pembagun struktur tubuh itu sendiri.

2 Karbohidrat
     Yaitu zat gizi yang terbentuk dari unsur karbon,oksigen dan hydrogen

3 Mineral
    Yaitu senyawa berbagai garam mineral atau juga terdapat sebagai unsur bebas

4 Vitamin
     Yaitu berupa senyawa organik yang fungsi nya menyerupai fungsi hormon

5 Protein
    Yang terbentuk dari senyawa selain karbon,oksigen,hydrogen yang juga mengandung unsur nitrogen

            Manfaat gizi untuk manusia :
        
  • Sebagai penghasil energi tubuh, sebagian zat-zat pada makanan yang kita konsumsi oleh sistem pencernaan organ tubuh akan akan diolah hingga menghasilkan energy. Energy inilah yang kemudian membantu manusia untuk bisa melakukan berbagai aktifitasnya sehari-hari. Apa saja zat-zat penghasil energy tersebut? Zat sebagai pembentuk energy tubuh adalah karbohidrat, protein dan juga lipida atau lemak.
  • Sebagai pembentuk sel jaringan tubuh, yang mana zat gizi yang termasuk untuk membentuk ini adalah air, mineral dan protein. Dalam hal pembentukan sel jaringan tubuh ketiga zat tersebut secara bersama-sama diolah oleh organ tubuh hingga kemudian terbentuk lah sel jaringan tubuh baru terutama sebagai pengganti jaringan yang sudah rusak atau tidak berfungsi lagi.
  • Sebagi pengatur fungsi dari reaksi biokimia dalam tubuh (stimulansia), agar fungsi dan reaksi biokimia dalam tubuh dapat berjalan dengan cepat dan baik maka tubuh membutuhkan zat-zat sebagai stimulansia (perangsang dan pengatur) dalam proses tersebut. Zat vitamin lah yang membantu proses reaksi biokimia dalam tubuh hingga dapat berjalan dengan baik, nah vitamin ini tentu saja terdapat dalam setiap makanan yang telah kita konsumsi.   
  Demikian lah blog tentang gizi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar