Senin, 13 Februari 2017

Penyebab Gempa Di Sumatera Utara


                
            Penyebab Gempa Di Sumatera Utara  - Kali ini saya akan menjelaskan penyebab gempa di sumatera utara, akhir-akhir ini di sumatera utara sering terjadi gempa, Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng Bumi),

                Menurut prediksi BMKG, ada sejumlah faktor yang menyebabkan terjadinya gempa bumi.
“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Sibolangit dengan intensitas sekitar III SIG-BMKG atau setara dengan VI MMI.” .
“Medan II SIG-BMKG (IV-V MMI), sedangkan Tuntungan, Tebing Tinggi, Pematang Siantar intensitasnya II SIG-BMKG ( II-III MMI),secara umum sumber gempa di daratan Sumatera dapat diakibatkan oleh aktifitas sesar lokal maupun aktifitas zona subduksi.perbedaan kedua sumber gempa tersebut, dapat dilihat dari kedalaman sumber gempa.
                 
                  “Gempa akibat aktifitas sesar lokal memiliki karakteristik kedalaman sumber yang dangkal. Sedangkan untuk sumber gempa akibat subduksi lempeng di Pulau Sumatera mempunyai kisaran kedalaman hingga ratusan kilometer,” 
Dari pengamatan yang disampaikan oleh Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, gempa bumi yang terjadi di Barat Daya Deli Serdang, Sumatera Utara ini jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya adalah jenis gempabumi dangkal dan mempunyai mekanisme sesar mendatar.

           Dengan demikian, tambah dia gempa bumi terjadi akibat aktivitas sesar lokal, dengan kedalaman yang dangkal ini, sangat wajar jika guncangan akibat gempa dirasakan tidak terlalu luas.
“Patut disyukuri bahwa kekuatan gempa bumi ini tidak terlalu besar, sehingga diharapkan tidak sampai menimbulkan kerusakan,” 
           
             Dari hasil monitoring BMKG hingga saat ini, sudah terjadi 9 kali gempa bumi susulan dengan kekuatan lebih kecil dari gempa utamanya.untuk itu, kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi dari BMKG.
“Khusus masyarakat di daerah pesisir Pantai Barat Sumatera Utara dan sekitarnya diimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

                  kekuatan gempa sebesar5,6 skala richter dengan episenter pada koordinat 3,33 LU dan 98,46 BT, tepatnya di darat pada jarak 28 km arah Barat Daya Deli Serdang, Sumatera Utara pada kedalaman 10 km. Sebelumnya diberitakan, telah terjadi gempa dengan kekuatan 5,6 SR dengan pusat gempa di darat di 28 km barat daya Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara pada Senin (16/1/2017) pukul 19.42 Wib. Sumber gempa berasal dari sesar di darat dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak berpotensi tsunami.
Sebelumnya juga terjadi gempa 3.9 SR, 16-Jan-17 pukul 19:13:30 WIB, dengan pusat gempa di darat pada 23 km barat daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 km. Gempa dirasakan di Medan I-II MMI (I SIG).
 
    Sekian informasi tentang gempa terimaksaih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar