Kamis, 23 Februari 2017

Penemuan Planet Baru



            Penemuan Planet Baru - Kali ini di blog saya akan membahas tentang penemuan planet baru. akhir-akhir ini dikabarkan ada penemuan planet baru.planet yang ditemukan oleh teleskop Spitzer milik National Aeronautics Space Administration (NASA) ini berkat ukurannya yang serupa dengan Bumi. Padahal mayoritas eksoplanet yang ditemukan selama ini berukuran raksasa seperti Jupiter.

Tujuh planet ini berada di konstelasi Aquarius dengan bintang TRAPPIST-1 sebagai pusat galaksi. Luas sistem TRAPPIST-1 terbilang sangat kecil dibandingkan sistem Tata Surya. NASA memperkirakan waktu setahun di planet-planet tersebut hanya 1,5 hari sampai 20 hari di Bumi.

Bahkan saking sempitnya lintasan orbit, permukaan suatu planet sudah nampak walaupun dilihat dari planet tetangganya.Ukuran TRAPPIST-1 sebagai bintang sistem itu terbilang kerdil. NASA menyebutnya sebagai ultra cool dwarf, yang berarti TRAPPIST-1 ini bersuhu relatif dingin dan kerdil di antara bintang pada umumnya.

Peneliti NASA sejatinya telah mengumumkan tiga planet tersebut pada Mei 2016. Namun NASA berhasil menemukan planet lain dan melengkapinya sebagai sistem yang utuh.

Berkat teleskop Spitzer, ukuran ketujuh planet dan sifat permukaannya juga berhasil diketahui.

Penemuan ini dianggap penting karena selain sistem pertama yang terdiri dari tujuh planet seukuran Bumi dengan sebuah bintang, mirip dengan Tata Surya, ia juga berpotensi kuat dapat dihuni manusia. atau

              Para astronom menemukan sedikitnya tujuh planet seukuran bumi yang mengorbit bintang selain matahari, atau dikenal sebagai eksoplanet. Demikian menurut sebuah penelitian yang diterbitkan jurnal Nature pada Rabu (23/2). Temuan itu juga diumumkan saat konferensi pers di Markas Badan Antariksa Amerika NASA, Washington.

Penemuan planet luar tata surya ini terbilang langka karena planet-planet itu memiliki kombinasi yang unggul, ukurannya sama dengan bumi dan bisa memiliki air di permukaannya serta berpotensi menyokong kehidupan.

      Astronom telah menemukan sistem tata surya yang memiliki tujuh planet mirip bumi dan setidaknya tiga diantaranya kemungkinan telah dihuni kehidupan asing.
Para astronom mungkin telah menemukan sistem tata surya di mana kita akan memiliki kontak pertama dengan kehidupan asing atau alien.
Dilansir daily mail Tujuh planet mirip Bumi ditemukan mengorbit di Trappist-1' yang masih dalam galaxy bimasakti, dan semuanya memiliki air di permukaannya, yang menjadi salah satu komponen kunci dari kehidupan.
Tiga dari planet memiliki kondisi yang baik. Ilmuwan mengatakan kehidupan mungkin sudah berevolusi pada planet itu.
Para peneliti mengklaim bahwa mereka akan tahu apakah ada atau tidak ada kehidupan di salah satu planet dalam satu dekade ke depan. Penemuan ini dinilai hanyalah awal.
Sebelumnya, tak ada sistem bintang yang ditemukan yang memiliki sejumlah besar planet seukuran Bumi.
Planet-planet tersebut memiliki komposisi seperti Bumi, dan enam diantaranya memiliki suhu permukaan antara 0-100 ° C (32-212 ° F).
Hal ini memberikan planet-planet ini yang jaraknya 39 tahun cahaya dari Bumi beberapa kondisi atmosfer yang penting yang diperlukan untuk tumbuhnya kehidupan biologis.
Para peneliti menunjukkan bahwa tiga dari tujuh planet yang ditemukan di sistem 'zona layak huni', bisa memiliki lautan air dengan kehidupan yaang sudah berkembang.
"Kami sekarang memiliki tujuh planet yang dapat kita pelajari secara rinci untuk hidup, dan ini adalah sesuatu yang kita sudah lakukan," kata Michaël Gillon, astronom dari University of Liège, Belgia.
"Orang-orang akan mendengar lebih banyak tentang sistem ini dalam bulan dan tahun-tahun mendatang," katanya.

 sekian penemu planet terbaru apabila ada salah tulis saya minta maaf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar