Rabu, 08 Maret 2017

Hidup Hemat




                    Hidup Hemat - Kali ini di blog saya, saya akan membahas tentang hidup hemat

      A Pengertian Hemat 
 
Hemat adalah sikap berhati-hati dalam menggunakan atau mengeluarkan uang, barang, tenaga, pikiran, atau  waktu dalam mewujudkan cita-cita keadilan sosial masyarakat sebagai sarana hidup agar berfungsi memenuhi kebutuhan sebagai bangsa yang sedang membangun, tidak bersikap boros berarti bahwa dalam memenuhi keperluan hidup harus berhati-hati tidak boros, cermat dalam menggunakan uang, barang, dan sebagainya. 
 
 
B Akibat boros
 
  Apabila dalam kehidupan ini tidak bisa menerapkan hidup hemat karena tidak bisa mengendalikan diri dalam mengeluarkan hartanya maka ia tidak akan mendapat kebahagiaan yang patut ia peroleh, justru kesulitan yang kita dapatkan.
Diantara akibat boros sebagai berikut :
1.      Banyak menanggung hutang yang berkepanjangan
2.      Ekonomi rumah tangga rusak atau kacau
3.      Hidup penuh penderitaan
4.      Akan membawa kemusnahan harta yang dimilikinya
 
 
C Usaha Agar Bisa Hidup Hemat 
 
 
Bagi setiap orang yang menginginkan hidup bahagia dan terhindar dari kekurangan maka perbuaatan hemat ini akan berperan sabagai salah satu cara yang dapat membawa seseorang ke tingkat kehidupan yang lebih baik dari keadaan sabelumnya.
Selain itu apabila kita dapat melaksanakan hidup hemat berarti kita telah mampu melawan sikap boros dan kikir. Oleh karena itu dalam membelanjakan harta harus memperhitungkan dengan secermat-cermatnya, pengeluaran untuk memenuhi kebutuhanya harus disesuaikan dengan pendapatan.
Adapun usaha yang dapat dilakukan agar dapat hidup hemat dalam kehidupan sehari-hari :
1.      Memenuhi kebutuhan sehari-hari secara wajar.
2.      Menyisihkan sebagian penghasilan untuk ditabung.
3.      Meningkatkan dan meratakan penghasilan yang dapat mendatangkan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi, masyarakat dan bangsa sehingga terjadi keseimbangan pendapatan masyarakat melalui koperasi.
4.      Mengurangi atau membatasi masuknya barang-barang mewah dari luar negeri sehingga tidak mendorong masyarakat untuk pamer kemewahan dalam kehidupannya.
5.      Pemanfaatan sumber daya alam dilaksanakan dengan menerapkan pola hidup sederhana, yaitu berusaha menghemat penggunaan sumber daya alam tanpa merusak lingkungan.
6.      Menumbuhkan rasa membina dan mengembangkan semangat kesetiakawanan sosial yaitu menghayati  rasa senasib seperjuangan sepenanggungan dengan orang lain, kebahagiaan seseorang dalam lingkungan kita rasakan sebagai kebahagiaan kita bersama , penderitaan orang lain kita hayati sebagai penderitaan bersama
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar