Kamis, 02 Maret 2017

Banjir




                 Banjir - Akhir-akhir ini di medan sering hujan dan dapat mengakibatkan banjir. banjir melanda Kota Medan, Sumatera Utara akibat hujan deras pada Senin (19/10/2015) pukul 03.00 WIB. Banjir melanda 6 kecamatan di Kota Medan yaitu Medan Baru, Medan Selayang, Medan Johor, Medan Petisah, Medan Polonia, dan Medan Marelan.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir di medan tersebut terjadi saat sebagian besar wilayah Indonesia kekeringan dan kebakaran hutan dan lahan.
Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa akibat banjir. Namun, 450 jiwa mengungsi di halaman masjid Al-Musadiqin, Medan Johor.
"Kerugian material, kurang lebih 6.000 unit rumah terendam dengan tinggi muka air 1–2 meter," kata Sutopo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.
Dia menerangkan, saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan telah melakukan evakuasi, pendataan, dan memberikan bantuan logistik berupa makanan siap saji.

"Banjir sudah berangsur surut," tandas Sutopo Hujan yang terus-menerus melanda Medan dan Deli Serdang, Sumatera Utara mengakibatkan Sungai Kera dan Sungai Badera meluap mengakibatkan ribuan rumah terendam banjir. Ketinggian air di bantaran sungai mencapai 1,5 meter.

Jumat (19/10/2015), kawasan yang terparah terkena banjir berada di Kecamatan Percut Sei Tuan. Ketinggian air di kawasan ini mencapai 1,5 meter.

Banjir juga menggenangi kawasan industri Medan 2. Ribuan buruh terpaksa diliburkan karena ketinggian air mencapai 1 meter, hingga masuk ke areal pabrik dan perkantoran.

Kawasan industri ini pun lumpuh total. Akses masuk dan keluar kawasan industri tak bisa dilalui kendaran bermotor baik roda dua maupun roda empat.

Banjir akibat hujan lebat juga terjadi di kawasan Legok dan Pulau Pandan, Kecamatan Telanai Pura, Jambi.

Pemerintah Kota Jambi mencatat lebih dari 758 rumah kebanjiran, dengan ketinggian air antara 50 centimeter sampai 2 meter. Warga harus menggunakan perahu untuk mencapai rumahnya, karena jalan sudah terendam banjir.

Ketinggian air di Sungai Batang Hari, Jambi sudah mendekati angka 13 meter. Jika ketinggian mencapai 13 meter, genangan air akan meluas ke sejumlah kawasan lain seperti kawasan Jambi Timur dan jalan lingkar selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar